PENGERTIAN AL-ISLAM

Di: Aqidah

PENGERTIAN AL ISLAM - Aqidah Islam - Berita Islam

1. Arti Bahasa (Lughawie) Ditinjau dari akar katanya, AI-Islam berasal dari kata sa-la-ma yang berarti selamat atau damai. Di dalam Al Qur'an kata tersebut kemudian digunakan dengan beberapa tambahan atau perubahan misalnya :

a. Aslama : menyerah (QS.3:83 ; 4: 125)
b. Istaslama -- tasliim -- mustaslimun : penyerahan total (kepada Allah) (QS. 4:65 ; 37:26).
c. Saliim : bersih, suci (QS. 26:89 ; 37:83-84)
d. Salaam : kesejahteraan (QS. 39:73)
e. Salm : damai (QS. 47:35 ; 8:61)

2. Arti Istilah (Ishthilahie) Makna asal Islam adalah menerima segala perintah dan larangan Allah yang terdapat dalam wahyu yang diturunkan kepada Nabi. Barang siapa yang menghadapkan wajah dan hatinya -- dalam semua persoalan hidup -- kepada Allah, maka ia adalah seorang muslim. Penerimaan dan penyerahan diri secara penuh terhadap hukum-hukum-Nya adalah merupakan syarat untuk menjadi muslim yang utuh. Allah berfirman:

"Hari orang-orang beriman masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan, dan jangan kamu turut langkah-langkah setan.Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. Al Baqarah (2) :208).

Oleh karena manusia harus Islam atau menyerah diri secara total kepada Allah, maka Allah tidak membiarkan satu umatpun tanpa didatangi Rasul. Dan setiap umat mempunyai seorang pemberi peringatan (QS.Fathir (35):24).

Islam yang diserukan Rasulullah SAW dapat diketahui dari Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah, yang rnerupakan hidayah untuk seluruh umat manusia. Allah menurunkan hidayah untuk seluruh umat manusia. Allah menurunkan Islam ini secara sempurna dan menyeluruh, sehingga tidak ada satu persoalan pun yang menyangkut kehidupan yang tidak diatur oleh Islam.

"Dan Kami turunkan kepadamu Kitab sebagai penjelas segala sesuatu." (QS. An Nahl (16), 80)

"Dan sebagai pemerinci terhadap segala sesuatu." (QS. Al-A'raf (7),145).

Rasulullah SAW mendefinisikan Islam dengan ta'rif (definisi) yang bermacam-macam. Banyak orang yang tidak mengetahui secara jelas tentang maksud ta'rif yang Rasulullah SAW berikan. Sebab kadang-kadang Rasulullah SAW menta'rifkan lslam dengan cara menentukan ta'rif keseluruhan Islam dengan menyebut bagian-bagian dari Islam, mengingatkan pentingnya bagian tersebut. Dari beberapa urian serta hadits-hadtis dapat disimpulkan bahwa Islam adalah :

a. Aqidah, yang tercermin dengan syahadatain dan rukun iman.
b. lbadah, yang tercermin dengan sholat, zakat, puasa, haji, yang disebut dengan rukun Islam.

Bangunan (sistem) yang tegak di atas, rukun-rukun tersebut yang tercermin dengan seluruh sistem hidup Islam yang mencakup sistem politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kemiliteran, akhlaq dan lain-lainnya.

Tiang-tiang penegak sebagai cara menegakkan Islam yang tercermin dengan jihad, amar makruf nahi munkar, dan hukum serta sanksi- sanksinya.

Itulah gambaran ringkas tentang Islam. Sedangkan segala hal yang bertentangan dengan Islam disebut Jahiliyah, dan jahiliyah inilah lawan dari Islam.

Kang Haikal API

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

1 tanggapan untuk "PENGERTIAN AL-ISLAM"

ajhi theclas pada 02:16 AM, 18-Oct-13

Knjungan pagi+follow sukses sob. Ditunggu kunbal and follow back nya.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

Silakan masuk untuk berkomentar